Perbedaan Lampu Neon LED dan Lampu Neon Biasa

Apa saja Perbedaan Lampu Neon LED dan Lampu Neon Biasa

perbedaan lampu neon led

Selain penerangan, lampu neon LED merupakan lampu yang sering digunakan untuk dekorasi aspek pencahayaan. Kita sering menjumpai penggunaan lampu neon warna-warni di berbagai sudut kota yang memancarkan keindahan.

Warna-warna cerah, cahaya jernih, dan pencahayaan yang lebih besar menjadikan kampu neon sebagai pilihan tepat untuk berbagai jenis proyek pencahayaan. Faktanya, banyak seniman telah menggunakan lampu neon LED untuk menciptakan banyak karya seni yang menakjubkan.

Beberapa brand terkenal juga menggunakan lampu neon LED sebagai penguat branding seperti contoh pada gambar di atas.

Teknologi terbaru pada lampu neon ini benar-benar menjadi pengungkit permintaan pasar lampu neon LED. Hal ini juga merupakan salah satu alasan mengapa proyek lampu neon kembali berkembang pesat. Lampu neon sebenarnya sudah lama di pasaran. Masyarakat membedakan menjadi lampu neon biasa dan neon LED.

Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu pada artikel ini mari kita simak perbedaan antara lampu neon LED dan lampu neon biasa serta kita bandingkan mana yang lebih baik untuk proyek Anda.

Apa Itu Lampu Neon Biasa

Neon mungkin merupakan salah satu elemen yang paling melimpah di planet kita, namun, baru pada tahun 1910 elemen ini mulai digunakan untuk membuat pencahayaan komersial.

Ahli Kimia dan Insinyur George Claude memperbarui tabung neon sehingga dapat digunakan untuk membuat tanda iklan kala itu.

Beberapa dekade kemudian, implementasi lampu neon mulai merambah ke berbagai penerapan. Lampu neon dapat dilihat di mana-mana di iklan, papan nama, papan reklame, seni pop, dan banyak lagi.

Lampu neon biasa menampilkan sejumlah kecil gas neon yang terbungkus dalam tabung kaca. Gas neon tersimpan pada sebuah ruangan dengan tekanan rendah. Cahaya warna-warni dan terang yang dihasilkan oleh gas terpancar oleh permukaan kaca.

Tabung tersebut kemudian mengeluarkan percikan cahaya terang yang kita kenal sebagai lampu neon.

Bagaimana Cara Kerja Lampu Neon Biasa

Neon merupakan sebuah elemen bahan untuk membuat lampu neon karena merupakan salah satu gas mulia dan mudah distabilkan. Tabung kaca yang digunakan untuk membungkus gas memiliki elektroda di kedua ujungnya.

Ketika listrik mengalir ke setiap ujung, elektron pada atom kemudian terpisah dan terionisasi. Selanjutnya Ion tertarik ke terminal kaca, dan menghasilkan cahaya. Cahaya pada lampu neon dihasilkan ketika atom kembali ke keadaan energi yang lebih rendah dan melepaskan foton.

Gas neon, dalam bentuk aslinya, menghasilkan cahaya oranye-merah. Agar cahaya pada lampu neon medapatkan warna pencahayaan yang berbeda, Anda dapat mencampur gas lain dengan neon.

Misalnya, jika anda mencampur neon dengan helium menghasilkan cahaya merah muda, sedangkan dengan kripton berwarna hijau, dan argon bersinar biru.

Anda dapat mencampur gas yang berbeda bersama-sama untuk mendapatkan warna paduan. Atau Anda bisa melapisi kaca dengan fosfor atau bahan kimia lain yang akan menampilkan cahaya dalam warna tertentu. Sehingga teknik itulah yang sering digunakan untuk memunculkan warna lampu neon warna-warni.

Apa Itu Lampu Neon LED

Lampu neon LED meniru efek pencahayaan lampu neon kaca tetapi melakukannya dengan energi yang lebih efisien.

Lampu neon LED ini memiliki strip dengan dioda pemancar cahaya atau LED berbeda yang dipasang di atasnya. Jenis, warna, ukuran, dan kekuatan LED ini menentukan warna, kecerahan, dan rona lampu neon yang dihasilkan. Branding menggunakan lampu neon LED semakin populer setiap hari karena mudah digunakan dan terlihat dari kejauhan.

Anda dapat menemukan berbagai jenis LED neon di pasaran. Yang paling umum adalah lampu tali LED neon. Anda juga dapat menemukan banyak strip lampu LED yang sudah dibentuk menjadi bentuk populer seperti huruf dalam alfabet, angka, dan bentuk baru seperti makanan dan hewan.

Sama halnya dengan lampu neon biasa, lampu neon LED juga tersedia dalam beberapa warna dan kombinasi warna yang berbeda. Lampu neon LED menggunakan teknologi pencahayaan terbaru sehingga Anda memiliki kontrol lebih terhadap lampu neon.

Lampu neon LED berkualitas baik memiliki efisiensi cahaya tinggi yang menghasilkan cahaya yang lebih lembut. Saran kami untuk pemasangan yang lebih mudah, Anda bisa membeli lampu strip neon LED.

Bagaimana Cara Kerja Lampu LED Neon

Lampu neon LED menampilkan sekelompok LED yang dipasang pada strip. LED dibuat dengan berbagai jenis bahan dan terbungkus dalam satu paket sehingga cahayanya bisa bersinar terang.

Mereka tidak membutuhkan banyak daya untuk beroperasi serta dapat dengan mudah diredupkan jika diperlukan.

Anda bisa mendapatkan strip lampu neon LED dalam berbagai warna. Dari warna neon yang cerah dan berkilau hingga kombinasi warna yang sedikit lebih redup. Satu strip LED dapat menampung LED yang memancarkan warna berbeda yang berarti Anda dapat berkreasi dengan pencahayaan sesuka Anda.

Antara Lampu Neon LED dan Lampu Neon, Mana yang Lebih Baik

Sejak lampu neon LED memasuki pasar, ada perdebatan tentang mana yang lebih baik, lampu neon kaca atau lampu neon LED. Ada banyak argumen bagus di kedua sisi, tetapi kami akan membiarkan Anda membuat keputusan sendiri dengan memberi Anda semua fakta.

Perbedaan kami rangkum dari aspek pencahayaan, konsumsi daya, kemudahan dalam proses instalasi serta kemudahan dalam pemeliharaan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara lampu neon dan lampu neon LED.

Perbandingan Efek Cahaya dan Luminasi

Lampu neon tradisional atau biasa menghasilkan efek pencahayaan berkilau super terang. Mereka hampir tampak seperti berkedip. Kami mencoba membandingkan dengan konsep luminasi. Luminasi merupakan  intensitas cahaya per satuan luas. Sehingga semakin besar nilai luminasi maka semakin terang intensitas cahayanya.

Hal ini terutama berlaku untuk lampu kaca neon dengan penutup fosfor. Fosfor mengubah warna cahaya tetapi meredupkan kecerahannya pada saat yang sama. Sehingga dari aspek luminasi menjadi lebih redup jika dibandingkan dengan lampu neon LED.

Lampu neon LED menghasilkan bentangan cahaya yang mulus tanpa titik atau bayangan di antaranya. Hal ini membuat lampu neon terlihat kurang mencolok meskipun lampu ini menawarkan luminositas yang lebih tinggi daripada lampu neon kaca.

Anda dapat mengontrol kecerahan strip lampu neon LED melalui remote control strip lampu LED. Mereka juga membantu Anda mengubah warna, suhu warna, atau rona lampu.

Perbandingan Konsumsi Daya

Lampu neon tradisional atau biasa hanya dapat menghasilkan cahaya pada tingkat energi tertentu. Hal ini karena elektron dalam gas neon membutuhkan sentakan listrik yang tinggi agar dapat terpisah.

Oleh karena itu, lampu neon kaca membutuhkan daya yang besar untuk bekerja. Daya juga harus mulus karena jika terjadi fluktuasi energi akan menyebabkan lampu neon berkedip atau mati.

Strip lampu neon LED tidak bergantung pada daya tertentu untuk bekerja. Mereka membutuhkan sangat sedikit energi untuk menghidupkan.

Ini juga alasan mengapa mereka mampu menahan fluktuasi daya yang kecil untuk waktu yang terbatas. Konsumsi daya yang lebih hemat merupakan salah satu faktor yang membuat lampu neon LED lebih murah daripada lampu neon biasa.

Aspek Kemudahan dalam Penerapan

Lampu neon tradisional atau biasa  terbuat dari tabung kaca yang rapuh dan tidak dapat ditekuk. Mereka harus dipasang di tempat yang aman di mana kaca terlindung dari faktor lingkungan dan manusia setiap saat.

Karena tabung kaca mengandung gas, Anda harus berhati-hati saat memasang dan menggunakannya untuk memastikan kaca tidak retak atau pecah. Ketika tabung kaca pecah atau retak, gas neon akan keluar dan pada tingkat paparan yang tinggi dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia.

Bahkan retakan kecil pun dapat membuat cahaya menjadi tidak berguna. Jika terjadi kerusakan, lampu neon biasa harus dimatikan dengan benar agar tidak membahayakan orang atau lingkungan.

Berbeda dengan lampu neon biasa, strip lampu LED super fleksibel, dapat ditekuk, dan mudah dipasang. Anda dapat memasangnya di dalam ruangan, di luar ruangan, di atas kepala, di bawah kepala, di ruang sempit, di sekitar sudut, dan tempat lain yang bisa dibayangkan. Mereka tidak memiliki gas berbahaya sehingga aman jika bersentuhan dengan kulit tubuh manusia.

Perbandingan Kemudahan Pemeliharaan

Lampu kaca neon biasa membutuhkan perawatan rutin. Gas neon perlu diganti secara berkala agar lampu dapat bekerja dengan efektif.

Anda juga perlu memastikan permukaan kaca bersih dan penutup fosfornya utuh. Terminal daya di kedua ujungnya juga harus dirawat agar berfungsi dengan baik.

Sedangkan strip lampu neon LED adalah solusi pencahayaan yang lebih baik. Mereka tidak membutuhkan banyak perawatan atau pemeliharaan.

LED dilindungi oleh penutup silikon atau aluminium sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Memilih lampu neon yang tepat tergantung pada proyek atau ruang, anggaran, dan preferensi pribadi Anda. Pilih lampu neon tradisional atau biasa jika Anda memiliki proyek khusus yang lebih kecil seperti papan nama.

Namun biaya tersebut akan membengkak untuk operasional. Saran kami, Anda harus mulai beralih ke lampu neon LED. Lampu neon LED lebih terjangkau, aman, mudah digunakan, dan serbaguna. Ada banyak sekali toko online yang menawarkan lampu neon LED dengan kualitas mumpuni.

Komentar