Cara Memisahkan Air dan Minyak dengan 3 Phase Oil Separator

 

Minyak dan Air merupakan dua buah cairan yang tidak dapat tercampur. Namun, pada proses produksi minyak, terkadang minyak masih tercampur dengan berbagai zat pengotor salah satunya air.

Meskipun tidak tercampur secara mutlak, Minyak yang berada pada Bagian atas lapisan air dapat menurunkan kemurnian Minyak jika tidak dipisahkan secara sempurna.

Memisahkan air dan minyak dapat dilakukan dengan alat oil separator atau pemisah minyak. Artikel ini Akan membahas secara rinci terkait cara kerja proses pemisahan air dan minyak serta bagian-bagiannya.

Bagaimana Cara Kerja 3 Phase Oil Separator

Sebuah alat 3 Phase Oil Separator sederhananya menggunakan gravitasi untuk memisahkan cairan menjadi fase gas, minyak, dan air. Setelah campuran minyak, gas dan air memasuki separator, secara otomatis hukum fisika akan memisahkan ketiga zat tersebut.

Pemasangan separator ini umumnya terletak dekat sumur produksi. Air yang berada pada lapisan bawah akan mengisi ruang bagian bawah. Sedangkan minyak yang berada pada lapisan atas, kemudian akan terpisah berdasarkan hukum gravitasi.


Sedangkan tekanan pada separator diatur melalui katup.

Ajarn Pantisa


Sumber Referensi


https://kimray.com/training/3-phase-separators-overview


Komentar