Cara Kerja Lampu Senter dengan Daya Baterai

Cara Kerja Lampu Senter dengan Daya Baterai

gambar-cara-kerja-lampu-senter-sumber-daya-baterai
Gambar Cara kerja lampu senter daya baterai

Lampu senter merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk memberikan penerangan ketika kondisi sedang gelap gulita. Senter memiliki keunggulan karena bentuknya yang kecil sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Lampu senter memiliki cara kerja yang bermacam-macam tergantung pada teknologi. Salah satu cara kerja lampu senter yang kita bahas saat ini adalah lampu senter dengan sumber daya baterai.

Meskipun sudah jarang berada di pasaran, lampu senter jenis ini masing sering kita temui dengan pengguna para pendaki gunung. Menurut mereka, penggunaan baterai lebih praktis karena tidak menunggu waktu lama untuk proses pengisian daya listrik.

Daftar Isi

Komponen Pada Lampu Senter

Pembaca apakah masih menyimpan lampu senter? Oh iya, jangan menyimpan lampu senter pada ruangan atau wadah yang lembab ya.. Lampu senter tidak semuanya anti air dan tertutup, sehingga kondisi yang lembab dapat mempengaruhi oksidasi dan menyebabkan rangkaian listrik menjadi berkarat.

Bagi yang belum pernah pegang lampu senter, pada artikel ini saya akan sampaikan komponen pada lampu senter beserta cara kerjanya.

Apabila kita membongkar lampu senter yang kita miliki, kita akan melihat berbagai komponen yang saling terhubung satu sama lain. Sebagian komponen pada lampu senter tergolong kedalam komponen elektronik. 
gambar-komponen-pada-lampu-senter-baterai
Gambar Komponen lampu senter baterai

1.Casing Lampu Senter

Casing merupakan sebuah silinder yang memiliki fungsi sebagai rumah baterai dan komponen-komponen pada lampu senter. Casing dapat terbuat dari material yang terdiri dari plastik maupun besi. 

Apabila terbuat dari plastik, bobot dari senter tentunya akan lebih ringan jika dibandingkan pada casing yang terbuat dari besi. Selain itu material plastik juga membuat senter menjadi lebih murah.

2.Saklar Lampu Senter

Merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk menghubungkan rangkaian listrik pada lampu senter. Sehingga apabila saklar pada kondisi ON, maka aliran listrik dari baterai akan terhubung dan dapat menyalakan bola lampu.

Saklar memiliki dua posisi, yakni posisi ON untuk menghubungkan rangkaian listrik serta posisi OFF untuk memutus sambungan rangkaian listrik.

3.Reflektor Lampu Senter

Lapisan alumunium yang berada pada sekitar bola lampu memiliki bentuk seperti kaca dan berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya bola lampu. Melalui reflektor ini, cahaya bola lampu menjadi lebih terang karena cahaya bola lampu yang menuju kearah reflektor terpantul kedepan.

4.Bola Lampu Senter

Merupakan sumber cahaya dari lampu senter yang menghasilkan cahaya dari sumber listrik. Bola lampu senter memiliki berbagai macam jenis baik dari tungsten hingga LED. Saat ini bola lampu tungsten sudah jarang ditemui karena riskan terhadap guncangan.

5.Rangkaian Listrik

Merupakan sebuah rangkaian yang memiliki fungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari baterai ke bola lampu. Pada lampu senter yang menggunakan daya baterai, cara kerjanya memanfaatkan rangkaian listrik seri yang terhubung pada kutub positif dan kutub negatif pada baterai.

6.Daya Baterai Lampu Senter

Merupakan sumber daya utama bagi lampu senter yang menggunakan daya baterai. Baterai yang sering kita jumpai di pasar besarnya berbagai macam. Besar baterai tergantung pada spesifikasi pada baterai tersebut. Baterai memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik.

Arus listrik pada baterai terjadi karena adanya reaksi kimia pada baterai. Daya baterai terbaik saat ini adalah daya baterai dari ion litium Artikel : Bagaimana Cara Kerja Baterai Litium Menghasilkan Listrik

7.Kontak Lampu

Merupakan wadah memiliki fungsi untuk meletakkan bola lampu agar dapat menghubungkan bola lampu pada rangkaian listrik seri. Toko elektronik di Indonesia menjual kontak lampu dengan istilah fiting lampu.

Bagaimana Cara Kerja Lampu Senter

Ketika saklar berada pada posisi ON atau terhubung, maka rangkaian listrik menjadi terhubung secara seri. Kemudian pada saat yang bersamaan, arus listrik mengalir dari kutub positif ke kutub negatif melewati rangkaian dan bola lampu.

Aliran arus listrik tersebut menyebabkan bola lampu senter menjadi menyala. Begitu juga dengan sebaliknya, apabila saklar berada pada posisi OFF atau terputus maka rangkaian listrik juga terputus. 

Rangkaian listrik seri yang terputus menyebabkan aliran arus listrik tidak mengalir sehingga bola lampu tidak menyala. Ketika sambungan terputus, cara kerja lampu senter menjadi tidak berfungsi.

gambar-rangkaian-seri-pada-lampu-senter
Gambar Rangkaian listrik seri pada lampu senter

Komponen pada lampu senter kemudian bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Seperti reflektor yang memiliki fungsi untuk memantulkan cahaya yang mengarah ke belakang menuju ke depan. Melalui fungsi tersebut, nyala lampu senter menjadi lebih efisien.

Salah satu lampu senter yang terang dengan sumber daya energi yang efisien adalah XML T6. Senter ini cocok untuk pendaki gunung karena terbuat dari material yang memiliki ketahanan cukup tinggi.


Anda dapat membeli lampu senter tersebut di toko online seperti rekomendasi saya berikut ini.

lampu-senter-super-terang
Lampu senter super terang


Setelah anda memahami prinsip dan cara kerja lampu senter dengan daya baterai, anda juga bisa membuat lampu senter sederhana seperti tutorial youtube berikut ini



Kesimpulan

Cara kerja lampu senter daya baterai menerapkan konsep rangkaian listrik seri. Sehingga nyala lampu dapat terkendali dengan menyambung dan memutuskan saklar. Ketika saklar berada pada posisi ON atau terhubung, maka rangkaian listrik menjadi terhubung dan lampu senter menyala. Komponen pada lampu senter saling bekerja sesuai fungsinya masing-masing dengan tujuan utama menyalakan bola lampu.


Penulisan Daftar Pustaka Artikel Format APA

Sakti, A.Y.N. (2020, 17 Desember). Cara Kerja Lampu Senter dengan Daya Baterai. Diakses pada 17 Desember 2020, dari https://www.cara-kerja.com/2020/12/cara-kerja-lampu-senter-baterai.html


Komentar