Cara Kerja Pembangkit Listrik Minihidro (Tenaga Air Skala Kecil)

Cara Kerja Pembangkit Listrik Minihidro (Tenaga Air Skala Kecil)

cara kerja pembangkit minihidro
Cara kerja pembangkit minihidro

Sewaktu kita duduk di bangku sekolah dasar, tentu masih melekat di ingatan kita bahwa guru sekolah kita mengenalkan berbagai macam pembangkit listrik. Salah satu pembangkit listrik yang paling banyak tersedia di Indonesia adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Pembangkit listrik tenaga air ini terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada seberapa besar energi listrik yang dihasilkan. Pada artikel ini kita akan mempelajari lebih lanjut terkait pembangkit listrik tenaga air skala kecil mikrohidro. Pembangkit listrik minihidro atau tenaga air skala kecil adalah pembangkit listrik tenaga air yang dapat menghasilkan daya listrik kurang dari 10 kW.

Pembangkit listrik tenaga air banyak tersedia karena cukup banyak bendungan maupun waduk yang dibangun di Indonesia. Meskipun jumlahnya cukup banyak, debit air bendungan di Indonesia tidak terlampau besar. Sehingga apabila membangun pembangkit listrik tenaga air, pembangunan yang paling memungkinkan adalah pembangkit listrik minihidro atau pembangkit listrik tenaga air skala kecil.

Pembangkit listrik tenaga air minihidro rata-rata menghasilkan daya listrik kurang dari 10 kW. Sebuah pembangkit listrik tenaga air minihidro dapat mengaliri listrik satu desa kurang lebih sebanyak 200 penduduk.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga air skala kecil minihidro merupakan langkah yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. Selain itu, masyarakat sekitar juga semakin menjaga lingkungan alam sekitar agar debit air bendungan tidak berkurang.

Daftar Isi


Komponen Pada Pembangkit Listrik Minihidro

Pembangkit listrik tenaga air skala kecil minihidro membutuhkan berbagai komponen yang saling mendukung agar cara kerjanya tetap optimal. Tidak hanya mesin pembangkit, melainkan perlu mempertimbangkan aspek bangunan karena berkaitan dengan mekanisme aliran air.
komponen pembangkit minihidro
Komponen pembangkit listrik tenaga air minihidro

1 Generator Pembangkit Listrik Minihidro

Salah satu komponen kunci dari pembangunan pembangkit listrik minihidro adalah adanya generator listrik. Generator tergolong kedalam jenis mesin konversi energi karena memiliki fungsi untuk melakukan konversi energi putaran menjadi energi listrik.

Generator memiliki standar putaran minimal agar dapat mengalirkan energi listrik. Putaran minimal tersebut terpengaruh oleh jumlah debit air yang mengalir. Karena  generator bekerja secara terus menerus, kemudian agar generator tetap awet, generator perlu perawatan rutin seperti pengecekan komponen serta pelumasan (pemberian oli).

Penasaran dengan cara kerja generator listrik ? Anda dapat mempelajari cara kerjanya di melalui link cara kerja turbin generator listrik

2 Pintu Air Pembangkit Listrik Minihidro

Aliran debit air dari waduk maupun bendungan perlu diatur sedemikian rupa agar putaran generator tetap optimal. Debit air yang terlalu sedikit dapat mengurangi jumlah aliran air yang mengalir melalui sela-sela archimedes screw. Sedikitnya jumlah air yang mengalir, kemudian dapat berdampak pada kecilnya energi listrik yang dihasilkan.

Pintu air biasanya terbuat dari material besi, namun beberapa daerah membangun pintu air menggunakan material besi yang berlapis beton. Jenis pintu air pada pembangkin listrk tenaga air skala kecil minihidro tergolong kedalam jenis pintu air geser (Slide Gate).

Pintu air geser memiliki keunggulan karena bentuknya sederhana, sehingga untuk membuka pintu dapat dengan menarik keatas sedangkan untuk menutup maupun mengontrol jumlah debit air yang mengalir dapat dengan menarik kebawah.

3 Gearbox Pembangkit Listrik Minihidro

Apabila anda memperhatikan mekanisme pergantian gear pada sepeda, kita dapat mengatur kecepatan roda (menaikkan dan menurukan kecepatan) meskipun kecepatan putaran kayuhan kita tetap. Konsep ini mirip dengan implementasi gearbox pada cara kerja pembangkit listrik minihidro.

Selain mengatur melalui aliran debit air, kita juga dapat mengatur putaran generator melalui transmisi pada gearbox. Apabila anda ingin mempelajari secara lebih terkait terkait cara kerja gearbox, anda dapat mempelajari terkait cara kerja sistem transmisi.

4 Beton Pembangkit Listrik Minihidro

Beton merupakan pembatas aliran air yang menjaga agar aliran air dapat mengalir melalui sela-sela archimedes screw. Konsep sederhananya mirip pembangunan aliran pembuangan seperti selokan maupun sungai.

Tujuan dari pembangunan beton agar arah aliran air tetap mengikuti jalur pembangunan beton. Pada ilmu konstruksi, beton merupakan sebuah bahan bangunan yang terbuat dari kombinasi aggregat (kerikil maupun pasir) dan pengikat semen.

Penggunaan material beton dipilih karena memiliki keunggulan dalam hal kekuatan terhadap gerusan aliran air secara terus menerus.

Archimedes Screw Pembangkit Listrik Minihidro

Merupakan sebuah ulir silindris yang dapat berputar jika mendapat tekanan aliran air melalui sela-sela. Putaran archimedes screw sangat bergantung pada energi potensial yakni memanfaatkan aliran air dari atas menuju kebawah. Sehingga besarnya putaran tergantung dari jumlah debit air yang mengalir serta kemiringan.

Bagaimana Cara Kerja Pembangkit Listrik Minihidro

Selain untuk mengairi sawah maupun ladang, kita dapat memanfaatkan cara kerja energi aliran air dari waduk maupun bendungan. Setiap air yang mengalir memiliki energi, kita dapat menangkap dan mengkonversi energi dari aliran air melalui sistem pembangkit listrik tenaga air minihidro.

Seberapa banyak energi yang tertangkap tergantung pada seberapa banyak debit aliran air yang mengalir.

pembangkit listrik tenaga air minihidro
Pembangkit listrik tenaga air minihidro

Aliran air yang mengalir dapat diarahkan ke archimedes screw sehingga timbul energi putar. Energi putar kemudian dikonversi oleh generator menjadi energi listrik. Energi listrik yang timbul kemudian dapat dialirkan melalui instalasi aliran listrik ke warga sekitar.


Anda juga dapat menonton channel video Youtube Shintel Official diatas untuk memahami cara kerja pembangkit listrik minihidro yang terintegrasi dengan llistrik PLN.

Kesimpulan

Cara kerja pembangkit listrik tenaga air skala kecil minihidro sangat bergantung pada debit air yang mengalir. Sehingga kesimpulannya debit air sumber baik itu dari bendungan, waduk maupun bak penampungan harus dijaga dengan baik agar aliran air dapat konsisten memutar generator.

Komponen pada pembangkit listrik minihidro saling bekerja sesuai fungsinya masing-masing dengan tujuan utama mengkonversikan energi aliran air menjadi energi listrik. Peralatan yang dibutuhkan untuk pembangkit listrik minihidro ini cukup sederhana yakni terdiri aspek pembangunan sipil dan aspek mesin. Pada aspek pembangunan sipil terdiri dari pintu air dan beton.Sedangkan pada aspek mesin terdiri dari generator, gearbox dan archimedes screw. 

Komentar