Bagaimana Cara Kerja Mesin Injection Molding

Cara Kerja Mesin Injection Molding

mesin injection molding
Mesin Injection Molding

Mesin injection molding merupakan mesin yang selama ini kita kenal pada industri proses manufaktur plastik. Namun sebenarnya teknologi tersebut digunakan pada berbagai macam industri termasuk industri pesawat terbang, perlengkapan medis, dan otomotif. Beberapa teknologi pada mesin seperti overmolding dan insert molding dapat memproses bagian komponen yang sangat kompleks dengan tingkat presisi yang sempurna.

Karena jutaan perusahaan banyak menggunakan teknologi tersebut dalam proses produksinya, maka pada artikel ini kita akan mempelajari apa itu mesin injection molding, bagaimana cara kerja mesin injection molding, apa saja kelebihan dan kekurangan mesin tersebut serta bagaimana penerapan injection molding pada dunia industri.

 

Daftar Isi

Apa itu Mesin Injection Molding

Injection molding merupakan proses pemrosesan material berupa palet dengan cara ditekan seperti menyuntik hingga tercetak bentuk yang diinginkan. Meskipun proses terebut telah ditemukan pada awal abad 19, namun teknologi tersebut tetap menjadi cara yang paling ampuh dalam memproduksi bagian komponen yang kompleks.

Mesin injection molding menggunakan cetakan yang dibuat secara khusus untuk mengeluarkan plastik berdasarkan spesifikasi bahkan membuat salinan yang identik.

teknologi injection molding
Teknologi Injection Molding

Lebih lanjut lagi, Mesin injection molding proses yang sangat serba guna dengan disesuaikan pada berbagai macam material yang menjadikan sebagai pilihan populer pada industri yang tak terhitung jumlahnya persyaratan dan tujuan berbeda sama sekali.

Karena fleksibilitas, mesin injection molding bahkan digunakan dalam industri manufaktur berbasis  proyek di dunia, seperti memproduksi komponen pada pesawat terbang, bidang medis, dan industri otomotif.

Lebih lanjut lagi, proses yang unik saat proses manufaktur part dengan mesin injection molding juga bisa dikatakan bahwa anda bisa memproduksi part yang kompleks dengan desain yang rumit.

Kemampuan dalam memproduksi part dalam jumlah yang besar, dengan biaya yang terjangkau membuat metode ini sangat cocok dalam produksi berbagai macam komoditas. Faktanya, beberapa peralatan rumah tangga yang anda punya mungkin saja terbuat dari proses manufaktur dengan mesin injection molding.

Cara Kerja Mesin Injection Molding 

Meskipun proses pada mesin injection molding terlihat rumit, tetapi sebenarnya dapat dipecah menjadi beberapa langkah-langkah penting untuk membantu memahami bagaimana cara kerjanya.

Mesin injection molding terbuat dari tiga komponen utama, feed hopper, ulir (screw), dan barrel heated. Mesin bekerja dengan cara mengambil butiran plastik, feed hopper menerima butiran plastik terjadilah gesekan pada screw yang menghasilkan panas. Plastik mencapai suhu yang diinginkan, kemudian diinjeksi ke dalam rongga cetak yang akhirnya mendingin dan membentuk pola berdasarkan desain pada cetakan.

cara kerja injection molding
Cara Kerja Injection Molding

Jika memungkinkan, teknik injection molding canggih, seperti injeksi berulang bisa digunakan untuk part dari material yang berlipat ganda. Juga memungkinkan untuk menyisipkan cetakan dengan menambahkan bagian dari part yang terbuat dari material lainnya.


Prinsip dasar dibalik injection molding terlihat sederhana, tetapi nyatanya sangat rumit dengan membutuhkan perlengkapan tepat dengan keahlian yang tepat. Bagaimanapun, saat dijalankan dengan tepat, Injection molding mampu secara konsisten memproduksi dengan hasil yang hebat pada proses manufaktur berbasis proyek yang menantang.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Injection Molding

Meskipun injection molding salah satu teknik manufaktur yang paling efektif memiliki banyak kelebihan, ada sesuatu yang mungkin perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan cara yang tepat untuk anda.

Kelebihan

Mesin inejction molding memiliki tingkat kepresisian yang sempurna dengan mengurangi tingkat kesalahan manufaktur menjadi minimum, tingkat kompleksitas lebih terperinci mampu memproduksi part yang sangat rumit sekalipun, memungkinkan ketahanan lama dan kehandalan yang baik, proses terotomasi untuk menghindari human error, efisien biaya, dan ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan limbah.

Kekurangan

Membutuhkan biaya awal yang tinggi dalam mendesain dan membuat cetakan sendiri, memakan waktu yang lama terutama untuk berbasis proyek dengan tingkat kompleksitas yang sangat rumit dengan berbagai dimensi sudut.

Penerapan Injection Molding pada Dunia Industri

Terkadang kita tidak menyadari bahwa barang-barang yang kita pakai sehari-hari diproses menggunakan teknologi mesin injection molding. Beberapa contoh barang-barang yang dibuat adalah seperti pada gambar di bawah ini. Berikut ini penerapan injection molding pada dunia industri.

penerapan injection molding
Penerapan Injection Molding


  • Penerapan injection molding digunakan dalam memproduksi tempat makan dan minum dengan bahan non BPA (Bisphenol Acid), seperti memproduksi kotak makan, tutup botol, komponen pengisian minuman, dan banyak lagi.
  • Penggunaan pada part konstruksi seperti, jendela dan pintu, bentuk part tidak hanya sempurna, terapi tahan lama dan memiliki kualitas yang unik pada pertimbangan faktor tahan lingkungan.
  • Dalam dunia medis injection molding diterapkan seperti, pembuatan pompa jantung, berbagai alat monitor, dan seluruh alat medis yang bergantung pada tingkat kepresisian injection molding

Kesimpulan 

Jadi kesimpulan yang didapat pada mesin injection molding ini, pemilihan operator dan teknisi dalam injection molding sangat penting mengingat proses tersebut membutuhkan keahlian yang sangat tinggi dengan didukung para ahli yang berpengalaman di bidangnya.

Seperti yang anda ketahui, proses desain dan pembuatan cetakan cukup menantang, sehingga anda membutuhkan orang yang spesialis di bidang tersebut.

Terakhir, anda seharusnya melihat bisnis injection molding bisa menangani proyek yang besar. Saat anda perlu produksi skala besar.

Komentar

  1. Konten yang sangat menarik mengenai Injeksi plastik Molding.
    Kunjungi website kami untuk mendapatkan info lebih lanjut 👇
    Plastic Injection Molding for Medical Device Market

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas rekomendasi injection molding pada peralatan medis yang telah Anda sertakan

      Hapus

Posting Komentar

Platform cara kerja memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk memberikan saran, masukan, kritik atau komentar. Anda juga boleh memberikan link untuk backlink. :) Namun tolong pergunakan kata-kata yang baik dan sopan.