Bagaimana Cara Kerja serta Bagian Komponen Mesin Frais

Bagaimana Cara Kerja serta Bagian Komponen Mesin Frais

cara kerja mesin frais

Terkadang kita membayangkan bagaimana suatu benda dibuat di sebuah pabrik. Kemudian kita bertanya-tanya bagaimana membentuk sebuah benda dari besi? Benda tersebut dibentuk oleh berbagai jenis mesin yang tergolong kedalam mesin perkakas industri.

Mesin perkakas industri memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah mesin frais yang akan kita bahas secara detail terkait pengertian, fungsi, bagian-bagian dari komponen serta prinsip cara kerjanya.

Mesin frais merupakan mesin perkakas yang diterapkan secara lebih luas baik pada dunia industri maupun bengkel. Beberapa bengkel menggunakan mesin frais ini untuk mengcustom beberapa part mesin motor atau mobil.

Daftar Isi


Pengertian Mesin Frais (Mesin Milling)

Sebelum membaca lebih jauh terkait cara kerja serta bagian-bagian dari mesin frais, alangkah lebh baik jika kita memahami terlebih dahulu terkait pengertian mesin frais. Apa itu mesin frais ?

Mesin frais atau yang lebih populer disebut sebagai mesin milling pada dunia permesinan industri adalah mesin perkakas yang memiliki fungsi untuk melakukan pemrosesan sebuah part (benda) dari suatu material dengan cara memotong bagian-bagian permukaannya.

Proses pemotongan bagian-bagian permukaan ini menggunakan pisau frais yang berbentuk seperti jarum yang berputar berdasarkan poros sumbu mesin.

Fungsi Mesin Frais

Setelah memahami apa itu mesin frais, maka kita lanjut untuk mempelajari terkait fungsi mesin frais di dunia Industri permesinan. Mesin frais memiliki fungsi untuk menghilangkan sebagian material pada benda kerja menggunakan pisau frais. Material yang diproses juga dapat berupa bentuk padatan yang tidak beraturan.

Bagian-bagian Mesin Frais

Sebuah perkakas mesin frais memiliki bagian-bagian atau komponen untuk mendukung pengoperasiannya. Bagian-bagian tersebut tergabung menjadi satu unit mesin dan menjadi satu kesatuan sistem.

bagian komponen mesin frais
Bagian-bagian komponen Mesin Frais

Semua bagian pada komponen mesin frais tersebut memiliki fungsi yang sama-sama penting. Namun saya mengelompokkan bagian-bagian tersebut menjadi komponen utama dan komponen pendukung. 

Komponen utama merupakan komponen yang berkenaan langsung dengan benda kerja. Sedangkan komponen pendukung merupakan komponen pada mesin frais yang tidak berkenaan langsung dengan benda kerja.

1) Komponen Utama Mesin Frais

Pada mesin frais, komponen utama yang berkenaan langsung dengan benda kerja terdiri dari table, spindle, motor drive, arbor support, table traverse hand wheel, serta cross feed handwheel.

a.Pertama yakni table atau meja untuk meletakkan benda kerja. Table atau meja pada mesin frais ini memiliki fungsi untuk meletakkan atau mempossikan benda kerja dengan cara dijepit (clamping). Proses penjepitan atau clamping material benda kerja dapat menggunakan alat bantu berupa jig atau ragum.

b.Kedua yakni spindle, spindle pada mesin frais memiliki fungsi untuk mencengkram pisau frais (tool). Spindle ini nanti juga ikut berputar mengikuti arah putaran dari motor. Karena spindle ini memiliki fungsi utama untuk mencengkram pisau frais, maka spindle ini harus cukup kuat dengan kuncian T.

c.Ketiga yakni motor drive spindle, alat ini letaknya pada bagian dalam mesin frais yang memiliki fungsi untuk memutar spindle.

d.Keempat yakni arbor, arbor hanya terdapat pada mesin frais horizontal. Arbor biasanya menyatu dengan spindle. Alat ini memiliki fungsi untuk mengatur torsi dari putaran pada spindle. Kita dapat mengatur kecepatan atau kekuatan torsi dari spindle menyesuaikan material benda kerja.

e.Kelima yakni table traverse hand wheel, alat ini memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan table atau meja pada mesin frais. Pada gambar diatas terdapat dua table traverse hand wheel yang letaknya di depan serta di sebelah kanan mesin. Table traverse hand wheel di depan memiliki fungsi untuk menggeser meja mesin frais searah sumbu X. Sedangkan table traverse hand wheel di sebelah kanan mesin frais memiliki fungsi untuk menggeser meja mesin frais searah sumbu Y.

f.Keenam yakni cross feed hand wheel, alat ini memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan titik pemakanan material benda kerja oleh pisau frais (feed). Cross feed hand wheel memiliki fungsi untuk mengatur titik pemakanan material benda kerja searah sumbu X.

2) Komponen Pendukung Mesin Frais

Selain komponen utama, pada mesin frais terdapat komponen pendukung yang tidak berkenaan langsung dengan benda kerja namun memiliki fungsi yang sangat vital. Komponen pendukung dari mesin frais terdiri dari overhanging arm, base, vertical positioning screw, knee serta column.

a.Pertama yakni overhanging arm pada mesin frais merupakan penyangga utama dari spindle dan arbor. Overhangung arm tersebut terhubung melalui column ke base untuk memberikan center of gravity yang seimbang.

b.Kedua yakni base pada mesin frais yang terletak di bagian bawah mesin, hingga bagian yang menopang tiang. Base pada mesin frais memiliki fungsi untuk menopang seluruh berat mesin frais. 

c.Ketiga yakni vertical positioning screw pada mesin frais atau lebih dikenal sebagai elevating screw pada dunia manufaktur di Indonesia. Vertical positioning screw ini memiliki fungsi untuk menaikkan dan menurunkan knee yang terhubung sebagai penyangga meja.

d.Keempat yakni knee pada mesin frais merupakan sebuah lempengan yang tercetak sebagai tempat mekanisme gear pada pengaturan screw. 

e.Kelima yakni column pada mesin frais juga memiliki fungsi yang sama seperti base. Selain itu dibalik pelat tersebut merupakan ruangan untuk mengisi pelumas mesin milling.

Prinsip Cara Kerja Mesin Frais

Apabila membayangkan prinsip dan cara kerja mesin frais ini, coba bayangkan ketika anda sedang memahat. Namun, ketika memahat pisau yang anda pegang mirip seperti pisau mata bor yang berputar. 

Jika saat anda memahat yang bergerak adalah pisau anda, maka pada mesin frais ini yang bergerak adalah benda kerja anda yang dapat anda atur melalui prinsip sumbu X, Y dan Z. Sumbu X dan Y diatur menggunakan hand wheel, sedangkan sumbu Z dapat diatur menggunakan knee atau putaran pada arbor dekat spindle.

Bagian Pendukung Cara Kerja Mesin Frais Vertikal


Cara Memasang Pisau Frais atau Pahat pada Mesin Frais


Cara Menghidupkan Mesin Frais Vertikal



Cara Mengatur Gerakan Mesin Frais



Pemrosesan Benda Kerja pada Mesin Frais Vertikal


 
Video diatas memberikan penjelasan terkait prinsip dan cara kerja mesin frais atau mesin milling. Mesin frais juga memiliki aneka bentuk dan fungsi yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Mesin frain yang saya jelaskan diatas merupakan mesin frais yang umum digunakan di Indonesia yakni tipe vertikal.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, mesin frais atau mesin milling merupakan mesin perkakas industri yang memiliki fungsi untuk memproses benda kerja yang memiliki bentuk tak beraturan menggunakan pisau frais.

Bagian-bagian pada mesin frais terbagi menjadi dua yakni komponen utama dan komponen pendukung. Komponen utama pada mesin frais merupakan komponen yang berkenaan langsung dengan benda kerja terdiri dari table, spindle, motor drive, arbor support, table traverse hand wheel, serta cross feed handwheel.

Sedangkan komponen pendukung pada mesin frais merupakan komponen yang tidak berkenaan langsung dengan benda kerja namun memiliki fungsi yang sangat vital. Komponen pendukung dari mesin frais terdiri dari overhanging arm, base, vertical positioning screw, knee serta column.

Komentar