Bagian-bagian Mesin Jahit dan Cara Kerjanya

Bagian-bagian Mesin Jahit dan Cara Kerjanya

cara kerja mesin jahit
Cara Kerja Mesin Jahit

Sejarah mencatat bahwa awal mula mesin jahit masuk ke Indonesia yakni bersamaan ketika Belanda menjajah negeri ini. Sebagian besar merek mesin jahit yang beredaar saat itu yakni merek singer. Merek mesin jahit tersebut berasal dari nama penemunya yakni Isaac Meritt Singer.

Isaac Meritt Singer melakukan sebuah inovasi teknologi mesin jahit yang awalnya hanya menggunakan tangan, kemudian mengkonversi putaran dari engkol kaki.

Kala itu mesin jahit hanya terdapat di rumah-rumah masyarakat priyayi dan menjadi sebuah simbol kekayaan. Bahkan kemampuan menjahit merupakan sebuah kemampuan yang prestige kala itu dan hanya diajarkan di sekolah-sekolah belanda.



Dengan kemajuan teknologi konversi energi, mesin jahit sudah menggunakan energi penggerak berupa motor listrik.

Apa itu Mesin Jahit

Mesin jahit merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menyambungkan dua ruas kain menjadi satu kesatuan. Meskipun terlihat sederhana, mesin jahit memiliki cara kerja yang cukup rumit. 

Sampai tahun 1970-an, sebagian besar mesin jahit sepenuhnya menggunakan teknologi mekanis. Perkembangan inovasi teknologi bidang elektronika juga mendorong perkembangan teknologi mesin jahit. Hingga pada akhirnya hampir semua mesin jahit modern saat ini menggunakan tenaga motor listrik.

Beberapa mesin jahit juga terintegrasi dengan microchip yang memungkinkan untuk membuat pola-pola jahitan yang rumit. Seluruh proses dapat dengan mudah dikendalikan dengan sentuhan tombol pada layar.

Inovasi teknologi juga memungkinkan mesin jahit memiliki beberapa jarum, contohnya mesin jahit double needle yang memiliki dua buah jarum. Pada teknologi mesin jahit ini juga dilengkapi sensor dan display elektronik untuk melakukan pengaturan stitch.

mesin jahit double needle
Mesin jahit double needle

Bahkan untuk skala industri garmen, mesin jahit sudah menggunakan teknologi komputer yang memungkinkan pola jahitan diatur oleh pengkodean. Konsep cara kerja mesin jahit pada industri garmen hampir mirip dengan cara kerja mesin CNC.

Bagian Bagian Mesin Jahit

Hingga saat ini, mesin jahit memiliki berbagai tipe, merek, bentuk serta spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu pada artikel ini, kami akan memilih mesin jahit paling umum di pasaran untuk mempelajari bagian-bagian serta fungsi mesin jahit.

bagian bagian mesin jahit
Bagian bagian Mesin Jahit

Needle Threader

Merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi sebagai rumah benang pada mesin jahit. Needle threader menggunakan skema kuncian mur untuk menggenggam jarum secara erat saat naik dan turun.

Dual LED Light

Ketika menjahit, lampu yang menerangi meja kerja tidaklah cukup karena bagian titik penjahitan terhalang oleh lengan mesin jahit sehingga dibutuhkan tambahan pencahayaan melalui lampu LED.

Thread Cutter

Pada bagian ujung lengan mesin jahit terdapat sebuah pisau runcing yang memiliki fungsi untuk memotong benang.

Quick Set Bobbin

Bobbin merupakan sebuah rumah benang pengunci yang terletak tepat pada bagian bawah jarum jahit.

Upper-tension Control Dial

Tegangan sebuah benang pada mesin jahit dapat diatur sedemikian rupa menyesuaikan jenis kain serta kekuatan jarum jahit. Mekanisme tegangan tersebut diatur oleh upper-tension control dial.

Fast Bobbin Winding System

Bobbin memiliki kapasitas benang terbatas, sehingga memerlukan pengisian yang lebih sering. Pada beberapa mesin jahit terdapat sebuah batang untuk membantu melakukan pengisian benang bobbin secara cepat. Tuas tersebut dikenal dengan istilah fast bobbi winding system.

Start/Stop Button

Pada mesin jahit terdapat tombol untuk menyalakan dan mematikan seperti halnya pada komponen elektronik lainnya. Pada mesin jahit, komponen tersebut diatur melalui tombol start/stop button.

LCD Screen

Pada mesin jahit modern terdapat LCD yang memberikan informasi terkait tension/tegangan benang, jarak stitch jahitan serta mode kuncian bobbin. Selain LCD Screen, pada mesin jahit juga dilengkapi lampu beep untuk memberikan sinyal jika terjadi error seperti jarum patah.

Computerized Stitch Selection

Pada mesin jahit konvensional, jarak stitch benang diatur melalui tuas putar. Sedangkan pada mesin jahit modern, kita cukup menekan tombol untuk mengatur jarak stitch benang.

Sewing Speed Controller

Berbeda dengan mesin jahit industri garmen yang kecepatan jahitannya diatur berdasarkan injakan gas, pada mesin jahit rumahan seperti pada gambar diatas, kecepatan jahit diatur melalui tombol geser.

Reverse Stitch Button

Kita mengenal kuncian jahitan dengan melakukan gerakan jahit maju mundur pada ujung jahitan. Proses kuncian jahitan ini dapat dilakukan dengan menekan tombol reversi stitch button pada mesin jahit.

Cara Kerja Mesin Jahit

Sebuah mesin jahit memiliki cara kerja yang cukup unik karena dibagi menjadi beberapa mekanisme. Mekanisme pertama yakni terkait cara kerja jarum pada mesin jahit. Selanjutnya untuk bagian kedua yakni terkait cara kerja bobin pada mesin jahit. Kemudian yang ketiga terkait mekanisme cara kerja stitch pada mesin jahit.

cara kerja mesin jahit


Pada gambar animasi diatas menggambarkan ketiga mekanisme dalam yang saling berhubungan satu sama lain

Mekanisme Cara Kerja Jarum pada Mesin Jahit

Jarum pada mesin jahit dapat bergerak naik turun akibat adanya konversi energi putar pada poros mesin jahit. Konsepnya mirip seperti cara kerja katup pada mesin uap.

Mekanisme Bobbin pada Mesin Jahit

Bobbin merupakan sebuah komponen pada mesin jahit yang memiliki fungsi sebagai rumah benang kuncian. Panjang benang setiap bobbin sangatlah terbatas, sehingga operator harus sering memperhatikan benang yang tersisa pada rumah bobbin.

Pada industri garmen, kita mengenal defect / cacat produksi benang putus akibat dari habisnya benang kuncian pada rumah bobbin sehingga menyebabkan benang jahitan tidak terkunci.

Melalui perkembangan teknologi, saat ini terdapat sensor untuk mendeteksi benang yang tersisa pada rumah bobbin. Sehingga defect / cacat produksi benang putus dapat dicegah dengan melakukan pengisian benang pada rumah bobbin.

Mekanisme Stitch pada Mesin Jahit

Pada mesin jahit, bobbin memiliki kecepatan putar yang melebihi torsi naik turun pada jarum. Hal ini dikarenakan bobbin memiliki fungsi untuk membuat kuncian pada ruas kain bagian bawah. Sehingga bobbin juga membutuhkan pasokan benang yang cukup untuk kuncian.

Rekomendasi Mesin Jahit

 Kami merekomendasikan mesin jahit portable yang dapat Anda beli di Toko Online

 

mesin jahit portable
Mesin Jahit Portable Murah

 

Komentar