Mengenal Cara Kerja Test Rapid Antigen Swab untuk Covid

Mengenal Cara Kerja Test Rapid Antigen Swab untuk Covid


rapid test antigen swab
Mengenal Cara Kerja Rapid Test Antigen Swab

Test rapid antigen untuk covid-19 adalah sebuah alat yang mengimplementasikan teknik pemisahan molekul melalui metode bioanalitik untuk mendeteksi antigen spesifik terkait virus SARS-CoV-2 (Covid-19) pada nasofaring manusia. Artikel ini akan mengenalkan secara lebih dalam terkait cara kerja test rapid antigen untuk covid-19.

Kemudian pada artikel ini juga memberikan informasi terkait fungsi, komponen yang membuat mereka dapat bekerja secara optimal. Secara global, test rapid antigen untuk covid-19 memiliki nama lain seperti lateral flow immunoassay, lateral flow test (LFT), lateral flow device (LFD), lateral flow assay (LFA), lateral flow immunochromatographic assays, dipstick, express test, pen-side test, quick test, rapid test, serta test strip.

Daftar Isi


Apa itu Rapid Test Antigen atau Lateral Flow Immunoassay untuk Covid-19?

Kemudian apa itu rapid test yang dikenal dengan lateral flow immunoassay? Secara sederhana, peralatan tersebut merupakan alat bantu diagnostik untuk mengkonfirmasi suatu target seperti adanya patogen atau biomarker pada manusia, hewan, air yang terkontaminasi, hingga pada makanan. Rapid test atau lateral flow immunoassay yang paling mudah dipahami adalah tes kehamilan.




Rapid test atau lateral flow immunoassay memiliki garis kontrol untuk mengkonfirmasi bahwa alat tersebut bekerja secara optimal, melalui informasi garis secara visual. Alat uji tersebut membutuhkan pelatihan yang cukup singkat untuk mengoperasikannya serta dapat menghindarkan dari intuisi karena dapat dilihat menggunakan visual. Selain itu melalui perkembangan teknologi, rapid test dapat diintegrasikan dengan teknologi pembaca digital seperti AppDx.

Mengenal Struktur Virus Covid-19

Berdasarkan artikel yang dilansir dari alomedia dot com, rapid test antigen bekerja dengan cara mendeteksi struktur asing (dari virus, bakteri, maupun patogen lain) hingga dapat mencetuskan respons imun tubuh. Sebagian besar rapid test antigen untuk COVID-19 menggunakan metode imunodeteksi sandwich  seperti yang umum dipakai untuk tes HIV dan malaria.

struktur virus covid
Struktur Virus Covid-19
Sumber Diagnostics Roche

Cara pembuatan alat uji test rapid antigen atau lateral flow immunoassay menggunakan protein rekombinan virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona. Protein rekombinan merupakan material genetik RNA yang dikeluarkan (ekstraksi) dari virus tersebut kemudian dipisahkan dari bagian tubuh virus. Apabila anda melihat gambar struktur virus tersebut diatas, virus terbagi menjadi dua lapisan yakni bagian lipid dan nucleocapsid.

Target gene virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona untuk pembuatan rapid test antigen swab adalah pada gene N (nucleocapsid protein). Target gene pada struktur virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona tersebut merupakan sebuah data berbentuk urutan atau sering disebut dengan instilah whole genome sequence. Sehingga apabila suatu laboratorium memiliki basis data whole genome sequence yang lengkap dapat meningkatkan presisi dalam testing alat uji virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona.

Pengambilan Spesimen Test Antigen Swab 

Proses pengambilan sampel untuk alat uji rapid test antigen atau lateral flow immunoassay dapat menggunakan spesimen swab nasofaring, swab nasal, atau sputum. Meskipun tergolong kedalam pemeriksaan cepat, rapid test antigen harus tetap dilakukan dan diinterpretasi oleh petugas terlatih. Petugas tetap membutuhkan alat pelindung diri atau (APD) level 3 untuk mencegah/meminimalisir  transmisi virus melalui udara. Proses pengujian dapat dilakukan di laboratorium dengan fasilitas ruangan bertekanan negatif, dengan standar biological safety level BSL kelas 2.

1.Pengambilan spesimen antigen melalui swab

pengambilan swab test antigen
Pengambilan Swab Test Antigen
Sumber Diagnostics Roche

Pegawai kesehatan yang mengambil spesimen swab melalui kapas lidi harus memastikan bahwa kapas lidi tersebut steril. Kemudian pegawai kesehatan memasukkan kapas lidi swab kedalam rongga hidung pasien hingga sampai nasofaring. Selama menyentuh permukaan nasofaring, pegawai kesehatan memutar kapas lidi swab tersebut sebanyak tiga hingga empat kali.

2.Meletakkan sampel swab ke tabung ekstraksi

tabung ekstraksi swab antigen
Tabung Ekstraksi Swab Antigen
Sumber Diagnostics Roche

Setelah spesimen swab berhasil keluar dari rongga hidung, kemudian pegawai kesehatan meletakkan hasil tersebut pada tabung ekstraksi. Selama pada tabung ekstraksi, pegawai kesehatan menggoyangkannya sebanyak lima kali.

3.Mengekstraksi cairan swab

cairan swab
Ekstraksi Cairan Swab
Sumber Diagnostics Roche

Pegawai kesehatan kemudian memotong kapas lidi swab dan menutup tabung ekstraksi. Tujuannya agar spesimen tidak tercecer maupun menguap bersama aerosol.

4.Meletakkan hasil specimen ke alat test rapid antigen

specimen test rapid antigen
Specimen Test Rapid Antigen
Sumber Diagnostics Roche

Pegawai kesehatan kemudian meneteskan spesimen pada sample pad sebanyak tiga tetes.

5.Menunggu hasil test rapid antigen

hasil test rapid antigen
Hasil test rapid antigen swab
Sumber Diagnostics Roche

Hasil dari interpretasi alat uji dapat diketahui setelah 15 menit. Interpretasi hasil positif apabila terdapat garis warna yang keluar pada label atas (C) dan label bawah (T). Tidak disarankan untuk menginterpretasi hasil yang lebih dari 30 menit.

6.Pengambilan keputusan hasil test rapid antigen

keputusan hasil test rapid antigen
Pengambilan Keputusan Hasil Test Rapid Antigen
Sumber Diagnostics Roche

Interpretasi hasil test rapid test antigen swab untuk Covid dapat dilakukan oleh profesional pada bidang kesehatan untuk memberikan pengambilan keputusan secara tepat. Pengujian untuk tujuan diagnosa, hasil harus diukur dan dibandingkan dengan sejarah kesehatan, pengukuran secara klinis dan berbagai temuan.

Komponen Rapid Tes Antigen untuk Covid-19

Sebuah alat uji rapid test antigen untuk menginterpretasi adanya virus Covid-19 pada tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Setiap komponen pada sistem uji rapid test antigen saling berkaitan dengan yang lainnya. Sehingga apabila salah satu komponen tidak berfungsi, dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan dari alat tersebut.

komponen rapid test antigen
Komponen Rapid Test Antigen Swab
Sumber BBI Solutions

  • Sample port atau sample inlet pada rapid test antigen merupakan sebuah jig untuk memfokuskan tetesan spesimen dengan analyte dari swab agar tepat pada permukaan sample pad.
  • Sample pad pada rapid test antigen memiliki fungsi sebagai bagian utama untuk proses penyerapan spesimen sampel. Pada beberapa kasus, sample pad dilengkapi dengan filter untuk meningkatkan akurasi dan mengontrol arah aliran spesimen.
  • Conjugate pad pada rapid test antigen memiliki fungsi untuk menyimpan label dan antibodi. Kemudian conjugate akan melepaskan spesimen secara terkontrol ke membran nitroselulosa.
  • Pada membran nitroselulosa terkandung test line dan control line. Sampel kan terikat pada test line jika terdapat target yang sesuai, dalam hal ini adanya virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona.
  • Absorbant pad pada rapid test antigen memiliki fungsi untuk menyerap spesimen melalui daya kapileritas agar alirannya tidak terbalik.
  • Housing pada rapid test antigen memiliki fungsi untuk melindungi lapisan dalam pada alat uji agar terhindar dari pengotor.

Bagaimana Cara Kerja Rapid Test Antigen untuk Covid-19 ?

Test rapid antigen swab untuk covid-19 menggunakan teknologi immunoassay dengan membran nitroselulosa, label berwarna dengan bahan nanopartikel serta antibodi untuk membantu memberikan hasilnya. Ketika sampel ditambahkan, sampel akan mengalir melalui conjugate pad dan menuju nitrocullulose / membran nitroselulosa kemudian menuju absorbent pad.

cara kerja rapid test antigen swab
Cara Kerja Rapid Test Antigen Swab Covid-19
Sumber Frontiersin Organization

Pertama spesimen diteteskan ke sample pad , beberapa kasus sample pad memiliki sebuah filter untuk akurasi dan mengontrol aliran dari sampel. Kemudian spesimen tersebut mengalir ke conjugated pad akibat daya tarik dari absorbent pad. Conjugated pad merupakan bagian yang mengkonjugasi label serta antibodi. Jika targetnya ada, sebuah antibodi dan label akan mengikat target hingga bergerak melalui alat uji.

Selama sampel bergerak sepanjang alat uji rapid test antigen, pada akhirnya reagen yang terikat pada membran nitroselulosa akan mengikat target pada garis uji. Sehingga garis berwarna akan terbentuk dan densitas pada garis akan menyesuaikan kuantitas sebuah target yang ada. Beberapa target kadang cenderung membutuhkan penilaian secara kuantifikasi untuk mengetahui konsentrasi jumlahnya.  Metode kuantifikasi inilah yang dapat dikombinasikan dengan reader untuk menyampaikan hasil secara presisi.

Pada akhirnya sampel akan berjalan melalui membran nitroselulosa menuju absorbent pad. Kemudian absorbent pad akan menyerap kelebihan sampel tersebut. Hal ini yang menyebabkan kenapa sampel tidak boleh dibaca lebih dari 30 menit.



Kesimpulan

Secara sederhana kesimpulannya adalah, peralatan rapid test antigen untuk deteksi virus SarsCov-2 (Covid-19) tersebut merupakan alat bantu diagnostik untuk mengkonfirmasi suatu target. Cara pembuatan alat uji test rapid antigen atau lateral flow immunoassay menggunakan protein rekombinan virus SarsCov-2 (Covid-19) atau corona.

Proses pengambilan sampel untuk alat uji rapid test antigen atau lateral flow immunoassay dapat menggunakan spesimen swab nasofaring, swab nasal, atau sputum. Meskipun tergolong kedalam pemeriksaan cepat, rapid test antigen harus tetap dilakukan dan diinterpretasi oleh petugas terlatih. 

Kemudian setiap komponen pada sistem uji rapid test antigen saling berkaitan dengan yang lainnya. Sehingga apabila salah satu komponen tidak berfungsi, dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan dari alat tersebut.

Komentar